- Back to Home »
- UJIAN BUKU FILSAFAT AJARAN ISLAM
Posted by : Administrator
Tuesday, April 15, 2014
ONLINE QUIZ UJIAN BUKU FILSAFAT AJARAN ISLAM
2. Sumber pertama yang merupakan pangkal dan daripadanya timbul keadaan thabi’i manusia adalah
a. Nafs Lawwamah c. Nafs Ammarah
b. Nafs Amaliah d. Nafs Muthmainah
3. Berikut ini adalah suatu keadaan manusia yang menunjukkan bahwa dia sudah mencapai pada taraf Nafs lawwamah adalah
a. Manusia bertingkah laku seperti halnya hewan-hewan berkaki empat
b. Manusia menunjukkan emosi yang tinggi dan cepat naik darah
c. Manusia memperolah najat/keselamatan dari segala kelemahan
d. Manusia memiliki budi pekerti yang luhur
4. Gerak-gerik jasmani tidak syak lagi mempengaruhi keadaan rohani manusia. Berikut ini adalah gerak gerik jasmani yang tidak sesuai dengan keadaan rohaninya yaitu...
a. Orang melakukan gerakan sujud dalam sholat timbul rasa kerendahan hati dalam ruh
b. Orang berjalan dengan kepala tegak, membusungkan dada timbul rasa congkak
c. Orang pura-pura tertawa akan timbul rasa gembira didalam hati
d. Orang menangis yang dibuat-buat akan timbul rasa senang dalam hati
5. Apabila siang-malam manusia mengutamakan makan daging dan sangat kurang sayur mayur, maka dia kurang memiliki sifat apa?
a. Sifat pemberani pantang menyerah
b. Sifat santun dan rendah hati
c. Sifat sombong dan angkuh
d. Sifat egois dan mementingkan diri sendiri
6. Apabila kita renungkan dengan seksama dan sebagaimana Allah Ta’ala juga berfirman dalam kitab suci Al Qur’an (23:15) berkenaan dengan ruh, maka darimanakah sebenarnya ruh berasal?
a. Terkandung didalam nutfah
b. Diluar struktur tubuh manusia
c. Dimasukkan kedalam tubuh manusia
d. Turun dari langit dimasukkan kedalam nutfah
7. Al Qur’an suci sangat menaruh perhatian terhadap perbaikan keadaan-keadaan thabi’i manusia sehingga mencapai derajat kemajuan rohaninya yang paling tinggi. Berikut adalah tingkat kemajuan rohani manusia yang ketiga atau yang paling tinggi, kecuali...
a. Manusia tenggelam dalam kecintaan dan keridhaan Nya
b. Manusia bersedia berkorban dijalanNya
c. Manusia baru mulai memiliki akhlaq fadhillah
d. Segenap wujudnya menjadi milik Allah Ta’ala
8. Ada tiga buah sumber keadaan-keadaan manusia dan cara pebaikan (islah) juga ada tiga macam. Berikut adalah cara perbaikan keadaan manusia yang pertama, yaitu...
a. Orang yang memiliki ketaqwaan diajarkan akhlak manusiawi yang tinggi
b. Orang yang tidak mengenal sopan santun diajarkan untuk mengikuti tata cara manusiawi
c. Orang yang memiliki tata krama baik diajarkan akhlaq yang mulia
d. Orang yang memiliki akhlaq yang tinggi dicicipkan kelejatan perjumpaan dengan Ilahi
9. Seperti yang termaktub didalam buku filsafat ajaran Islam bahwa tujuan daripada Al Qur’an Suci adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Membuat hewan menjadi hewan
b. Membuat hewan menjadi manusia
c. Dari manusia membuat manusia-manusia yang berakhlaq
d. Dari manusia-manusia yang berakhlaq membuat manusia-manusia yang bertuhan
10. Tidak hanya didalam Islam, tabib-tabib Yunani dimasa sebelum Islam juga menyebutkan bahwa memakan daging babi bisa memperbesar sifat dayyus. Apakah yang dimaksud dengan dayyus itu?
a. Sifat rasa malu yang besar
b. Tidak memiliki rasa malu yang besar
c. Sifat pemberani yang besar
d. Sifat rendah diri yang besar
11. Bagian kedua dari perbaikan menusia menurut Al Qur’an suci adalah dengan meningkatkan..
a. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi akhlaq fadhilah
b. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi nafs amarah
c. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi akhlaq bathiniah
d. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi nafs muthmainnah
12. Akhlaq terdiri dari dua macam yaitu diantaranya adalah akhlak-akhlak yang dengan perantaraannya manusia mampu berbuat kebaikan dan yang lainnya adalah akhlak yang dengan perantaraannya manusia mampu...
a. Berbuat sesuai dengan keinginannya
b. Berbuat sesuai dengan kehendak orang tuanya
c. Meninggalkan kejahatan-kejahatan
d. Meninggalkan hal-hal yang diinginkan
13. Akhlak-akhlak yang telah ditetapkan oleh Sang Maha Pencipta untuk meninggalkan kejahatan disebut dengan empat nama dalam bahasa Arab yaitu diantaranya seperti dibawah ini, kecuali...
a. Ihshson
b. Amanah atau diyanah
c. Hudnah
d. Rahbaniyyat
14. Allah Ta’ala tidak hanya mengemukakan ajaran mulia saja, melainkan Dia juga memberitahukan lima resep untuk tetap memelihara kesucian diri yang tertuang didalam buku filsafat ajaran Islam. Kelima resep tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali...
a. Mencegah mata memandang yang bukan muhrim
b. Mencegah dari perbuatan yang tidak adil
c. Jika tidak kawin hendaknya berpuasa
d. Mencegah diri dari segala cara yang dikhawatirkan menimbulkan pebuatan buruk
15. Apa sebenarnya makna yang tekandung dalam falsafah pardah menurut Islam?
a. Mengurung wanita-wanit seperti tahanan dalam penjara
b. Sekedar menutupi aurat wanita saja
c. Cara pembatasan pergaulan antara kaum pria dan wanita
d. Mencegah pergaulan antara kaum pria dan wanita
16. Dalam bahasa Arab ada kata rifq yang merupakan corak keempat dari akhlak-akhlak meninggalkan kejahatan. Apakah arti rifq dalam bahasa indonesia?
a. Tidak jail dan bersikap rukun
b. Bersikap jujur
c. Dapat dipercaya
d. Ucapan yang sopan
17. Berikut ini adalah beberapa diantara keadaan-keadaan thabi’i manusia yang mana terdapat suatu keadaan yang merupakan ciri khas fitratnya, kecuali...
a. Luruh hati/kejujuran
b. Solidaritas sesama makhluk
c. Mencari wujud yang maha agung
d. Tidak jail dan bersikap rukun
18. Diantara keadaan-keadaan thabi’i manusia yang merupakan bagian mutlak fitratnya, ialah mencari Wujud Yang Maha Agung. Untuk pencarian itulah di dalam lubuk hati manusia terdapat suatu tarikan. Darimanakah sebenarnya pengaruh daya pencarian itu mulai terasa?
a. Pada saat bayi lahir dari kandungan ibunya
b. Pada saat manusia mulai merasakan kehadiran Tuhan
c. Pada saat manusia sudah mulai berfikir
d. Pada saat manusia mulai mencari keberadaan Yang Maha Pencipta
19. Munculnya nur terakhir di negeri Arab pun bukanlah tanpa hikmah. Arab adalah kaum Bani Ismail yang terputus dari Israil yang atas hikmah Ilahi telah terdampar di belantara Faran. Apa yang dimaksud dengan Faran dalam arti kata yang sebenarnya?
a. Dua orang yang dipisahkan
b. Dua orang yang melarikan diri
c. Dua orang bersaudara
d. Dua orang yang bermusuhan
20. Al Qur’an Suci telah menetapkan dua cara untuk memperolah makrifat Ilahi. Cara pertama adalah yang dengan menempuhnya, maka akal manusia akan menjadi amat kuat dan cemerlang dalam mencetuskan dalil-dalil logika, sehingga terhidnar dari melakukan kekeliruan. Sedangkan cara kedua adalah....
a. Dengan cara lahiriah
b. Dengan cara rohaniah
c. Dengan cara alamiah
d. Dengan cara insaniah
Open Book -->>> FilsafatAjaranIslam
1. Berikut ini adalah tiga macam keadaan manusia dalam buku fislafat ajaran Islam karya agung Hazrat Masih Mau’ud a.s. yang juga merupakan Kalam Allah Ta’ala dalam kitab suci Al Qur’an, kecuali:
a. Thabi’i c. Akhlaqi
b. Taqwa d. Rohani
a. Thabi’i c. Akhlaqi
b. Taqwa d. Rohani
2. Sumber pertama yang merupakan pangkal dan daripadanya timbul keadaan thabi’i manusia adalah
a. Nafs Lawwamah c. Nafs Ammarah
b. Nafs Amaliah d. Nafs Muthmainah
3. Berikut ini adalah suatu keadaan manusia yang menunjukkan bahwa dia sudah mencapai pada taraf Nafs lawwamah adalah
a. Manusia bertingkah laku seperti halnya hewan-hewan berkaki empat
b. Manusia menunjukkan emosi yang tinggi dan cepat naik darah
c. Manusia memperolah najat/keselamatan dari segala kelemahan
d. Manusia memiliki budi pekerti yang luhur
4. Gerak-gerik jasmani tidak syak lagi mempengaruhi keadaan rohani manusia. Berikut ini adalah gerak gerik jasmani yang tidak sesuai dengan keadaan rohaninya yaitu...
a. Orang melakukan gerakan sujud dalam sholat timbul rasa kerendahan hati dalam ruh
b. Orang berjalan dengan kepala tegak, membusungkan dada timbul rasa congkak
c. Orang pura-pura tertawa akan timbul rasa gembira didalam hati
d. Orang menangis yang dibuat-buat akan timbul rasa senang dalam hati
5. Apabila siang-malam manusia mengutamakan makan daging dan sangat kurang sayur mayur, maka dia kurang memiliki sifat apa?
a. Sifat pemberani pantang menyerah
b. Sifat santun dan rendah hati
c. Sifat sombong dan angkuh
d. Sifat egois dan mementingkan diri sendiri
6. Apabila kita renungkan dengan seksama dan sebagaimana Allah Ta’ala juga berfirman dalam kitab suci Al Qur’an (23:15) berkenaan dengan ruh, maka darimanakah sebenarnya ruh berasal?
a. Terkandung didalam nutfah
b. Diluar struktur tubuh manusia
c. Dimasukkan kedalam tubuh manusia
d. Turun dari langit dimasukkan kedalam nutfah
7. Al Qur’an suci sangat menaruh perhatian terhadap perbaikan keadaan-keadaan thabi’i manusia sehingga mencapai derajat kemajuan rohaninya yang paling tinggi. Berikut adalah tingkat kemajuan rohani manusia yang ketiga atau yang paling tinggi, kecuali...
a. Manusia tenggelam dalam kecintaan dan keridhaan Nya
b. Manusia bersedia berkorban dijalanNya
c. Manusia baru mulai memiliki akhlaq fadhillah
d. Segenap wujudnya menjadi milik Allah Ta’ala
8. Ada tiga buah sumber keadaan-keadaan manusia dan cara pebaikan (islah) juga ada tiga macam. Berikut adalah cara perbaikan keadaan manusia yang pertama, yaitu...
a. Orang yang memiliki ketaqwaan diajarkan akhlak manusiawi yang tinggi
b. Orang yang tidak mengenal sopan santun diajarkan untuk mengikuti tata cara manusiawi
c. Orang yang memiliki tata krama baik diajarkan akhlaq yang mulia
d. Orang yang memiliki akhlaq yang tinggi dicicipkan kelejatan perjumpaan dengan Ilahi
9. Seperti yang termaktub didalam buku filsafat ajaran Islam bahwa tujuan daripada Al Qur’an Suci adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Membuat hewan menjadi hewan
b. Membuat hewan menjadi manusia
c. Dari manusia membuat manusia-manusia yang berakhlaq
d. Dari manusia-manusia yang berakhlaq membuat manusia-manusia yang bertuhan
10. Tidak hanya didalam Islam, tabib-tabib Yunani dimasa sebelum Islam juga menyebutkan bahwa memakan daging babi bisa memperbesar sifat dayyus. Apakah yang dimaksud dengan dayyus itu?
a. Sifat rasa malu yang besar
b. Tidak memiliki rasa malu yang besar
c. Sifat pemberani yang besar
d. Sifat rendah diri yang besar
11. Bagian kedua dari perbaikan menusia menurut Al Qur’an suci adalah dengan meningkatkan..
a. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi akhlaq fadhilah
b. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi nafs amarah
c. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi akhlaq bathiniah
d. Keadaan-keadaan thabi’i menjadi nafs muthmainnah
12. Akhlaq terdiri dari dua macam yaitu diantaranya adalah akhlak-akhlak yang dengan perantaraannya manusia mampu berbuat kebaikan dan yang lainnya adalah akhlak yang dengan perantaraannya manusia mampu...
a. Berbuat sesuai dengan keinginannya
b. Berbuat sesuai dengan kehendak orang tuanya
c. Meninggalkan kejahatan-kejahatan
d. Meninggalkan hal-hal yang diinginkan
13. Akhlak-akhlak yang telah ditetapkan oleh Sang Maha Pencipta untuk meninggalkan kejahatan disebut dengan empat nama dalam bahasa Arab yaitu diantaranya seperti dibawah ini, kecuali...
a. Ihshson
b. Amanah atau diyanah
c. Hudnah
d. Rahbaniyyat
14. Allah Ta’ala tidak hanya mengemukakan ajaran mulia saja, melainkan Dia juga memberitahukan lima resep untuk tetap memelihara kesucian diri yang tertuang didalam buku filsafat ajaran Islam. Kelima resep tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali...
a. Mencegah mata memandang yang bukan muhrim
b. Mencegah dari perbuatan yang tidak adil
c. Jika tidak kawin hendaknya berpuasa
d. Mencegah diri dari segala cara yang dikhawatirkan menimbulkan pebuatan buruk
15. Apa sebenarnya makna yang tekandung dalam falsafah pardah menurut Islam?
a. Mengurung wanita-wanit seperti tahanan dalam penjara
b. Sekedar menutupi aurat wanita saja
c. Cara pembatasan pergaulan antara kaum pria dan wanita
d. Mencegah pergaulan antara kaum pria dan wanita
16. Dalam bahasa Arab ada kata rifq yang merupakan corak keempat dari akhlak-akhlak meninggalkan kejahatan. Apakah arti rifq dalam bahasa indonesia?
a. Tidak jail dan bersikap rukun
b. Bersikap jujur
c. Dapat dipercaya
d. Ucapan yang sopan
17. Berikut ini adalah beberapa diantara keadaan-keadaan thabi’i manusia yang mana terdapat suatu keadaan yang merupakan ciri khas fitratnya, kecuali...
a. Luruh hati/kejujuran
b. Solidaritas sesama makhluk
c. Mencari wujud yang maha agung
d. Tidak jail dan bersikap rukun
18. Diantara keadaan-keadaan thabi’i manusia yang merupakan bagian mutlak fitratnya, ialah mencari Wujud Yang Maha Agung. Untuk pencarian itulah di dalam lubuk hati manusia terdapat suatu tarikan. Darimanakah sebenarnya pengaruh daya pencarian itu mulai terasa?
a. Pada saat bayi lahir dari kandungan ibunya
b. Pada saat manusia mulai merasakan kehadiran Tuhan
c. Pada saat manusia sudah mulai berfikir
d. Pada saat manusia mulai mencari keberadaan Yang Maha Pencipta
19. Munculnya nur terakhir di negeri Arab pun bukanlah tanpa hikmah. Arab adalah kaum Bani Ismail yang terputus dari Israil yang atas hikmah Ilahi telah terdampar di belantara Faran. Apa yang dimaksud dengan Faran dalam arti kata yang sebenarnya?
a. Dua orang yang dipisahkan
b. Dua orang yang melarikan diri
c. Dua orang bersaudara
d. Dua orang yang bermusuhan
20. Al Qur’an Suci telah menetapkan dua cara untuk memperolah makrifat Ilahi. Cara pertama adalah yang dengan menempuhnya, maka akal manusia akan menjadi amat kuat dan cemerlang dalam mencetuskan dalil-dalil logika, sehingga terhidnar dari melakukan kekeliruan. Sedangkan cara kedua adalah....
a. Dengan cara lahiriah
b. Dengan cara rohaniah
c. Dengan cara alamiah
d. Dengan cara insaniah
Open Book -->>> FilsafatAjaranIslam